Sabtu, 02 November 2013

Program Audit



Program Audit

Daftar prosedur audit untuk sebuah area audit atau keseluruhan audit dinamakan program audit. Program audit selalu membuat sebuah daftar prosedur audit dan biasanya mencakup ukuran sampel, unsure-unsur yang akan dipilih dan waktu untuk melaksanakan pengujian tersebut. Biasanya, terdapat sebuah program audit, mencakup beberapa prosedur audit, untuk setiap komponen yang diaudit. Sehinnga, aka nada sebuah program audit untuk akun piutang dagang, satu program audit untuk akun penjualan dan sebagainya.
Sebagian besar auditor menggunakan computer untuk mempermudah mempersiapkan program audit. Aplikasi computer yang paling sederhana mnyangkut pengetikan program audit di program pengolahan kata dan menyimpannya dari tahun ke tahun untuk memudahkan jika terjadi perubahan dan pemutahiran. Aplikasi yang lebih canggih menggunakan program yang didesain khusus untuk membantu para auditor memikirkan keseluruhan perencanaan audit dan memilih prosedur yang tepat dengan menggunakan program perangkat lunak audit atau database perencanaan audit lainnya.



Keandalan Bukti

Mengharuskan auditor untuk mengumpulkan bukti yang tepat dan memadai untuk mendukung dikeluarkannya opini audit. Karena sifat audit dan pertimbangan biaya dalam pelaksanaan pengauditan, kecil kemungkinan auditor akan sepenuhnya yakin bahwa opini yang diberikan sudah benar. Namun demikian, auditor harus yakin bahwa opini tersebut benar dengan tingkat keyakinan yang tinggi. Dengan menggabungkan semua bahan bukti dari keseluruhan pengauditan, makanya auditor mampu menentukan kapan ia akan mengeluarkan laporan auditnya.


Sumber : buku jasa audit dan assurance

Tidak ada komentar:

Posting Komentar